ANDA SEDANG BERADA DI

HomeKurikulumSilabus Mata Kuliah Reguler

Silabus Mata Kuliah Kurikulum 2009

.:: SILABUS MATA KULIAH KURIKULUM 2009 ::.


MATA KULIAH WAJIB

TEU 601 - Sistem Informasi    3 SKS
Teknik komputer, informatika dan hermeneutika. Sistem informatik sebagai himpunan utuh manusia, sistem komputasi dan prosedur, serta pelembagaannya dalam organisasi. Arsitektur sistem informatik. Perilaku dan unsur budaya dalam sistem informatik. Sistem informasi managemen. Strategi pengembangan.

TEU 602 - Teknik Komputasi    3 SKS
Matakuliah Teknik Komputasi mempelajari cara menyelesaikan berbagai persoalan teknik dengan menggunakan manfaat dari persamaan matrix. Pengertian tentang matrix, macam-macam matrix, operasi-operasi matrix, dilanjutkan dengan model-model perhitungan teknik yang bisa diubah ke dalam bentuk persamaan matrix dalam model vektor keadaan. Penyelesaian persamaan matrix untuk maksud pencocokan bentuk model fungsi matematika atas suatu data diskret berdasarkan jumlah kuadrat galat terkecil juga diberikan di sini. Selanjutnya diberikan interpolasi dan pencocokan fungsi berdasarkan regresi . Integral numeris, serta penyelesaian persamaan diferensisal  secara numeris diberikan dengan dengan mengenalkan berbagai algoritma yang sesuai. Penyelesaian persamaan diferensial parsial dengan contoh2 kasus dalam bidang teknik disajikan pula di sini.  Penyelesaian persamaan sistem non linear dengan berbagai Algoritma yang sesuai dan sering dijumpai dalam bidang teknik juga disajikan. Masalah optimisasi dengan linear programming merupakan ilustrasi terapan lanjut tentang penyelasian persoalan teknik yang menggunakan matrix.

TEU 603 - Manajemen Proyek    2 SKS
Mahasiswa mempelajari bagaimana peran manajemen mengalami perubahan seiring dengan kontrak yang inovatif, system penyampaian hasil yang alternate, resolusi lternative dispute resolution, dan pembiayaan proyek yang kreatif yang mendorong perubahan pula system pengelolaan proyek. Topik lain yang juga akan dibahas adalah mengenai mengelola subkontraktor, pengadaan barang, dan pembiayaan proyek.  Modul-modul Pembelajaran terdiri atas:  Sistem penyelesaian proyek, Mengelola informasi, Mengelola resiko, Perencanaan kerja, Mengelola materi dan metoda, Memehami pembiayaan, Berkolaborasi dengan mitra-kerja, Memahami sumber-daya-manusia, dan Kebijakan dan prosedur milik perusahaan.

Acuan
1.    Cleland, David I. and Ireland, Lewis R. (2002), Project Management:  Strategic Design and Implementation, 4th Ed., McGraw-Hill, London..
2.    Meredith, Jack R. and Mantel, Samuel J. Jr. (2003), Project Management: A Managerial Approach, Wiley, Hoboken, New York
3.    Managing The Project, The Supervisors Role Participants Manual revised 2006, 7th Edition

TEU 604 - Riset Operasi     2 SKS
Mata kuliah ini dirancang untuk mengembangkan pemahaman terhadap riset operasi dengan perhatian khusus pada pemrograman linear, analisis jaringan, pemrograman dinamik, dan pemrograman integer. Berisi topic-topik Linear Programming, Problem formulation, Graphical solution, Interpretations, Simplex method, duality theory, Sensitivity analysis. Network Analysis meliputi Shortest route problem, Minimal spanning tree problem, Maximum flow problem, Project planning. Integer Programming, dan dasar-dasar Goal Progrramming, Dynamic Programming. Dimaksudkan sebagai pengantar bagi aspek-aspek komputasional untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit dan luas.

TEU 605 - Metodologi Penelitian    3 SKS
Tiga atau empat sesi pertama di isi dengan Teknologi Elektro Masa Depan, untuk mengetahui perspektif  teknologi  masa depan bidang teknik elektro, berdasarkan  gambaran  dan proyeksi  atas teknologi  masa kini. Topik-topik selanjutnya berisi tentang riset dalam teknik elektro: ragam persoalan riset, dan cara melakukan riset. Menyusun hipotesis dan pengujiannya. Uji hipotesis dengan statistika inferensial atas data. Uji hipotesis dengan analisis formal matematik. Riset melalui simulasi dengan bantuan  komputer. Analisis sensitivitas. Keterbatasan bahan dan alat. Aspek teknis pelaksanaan riset dan pelaporan hasil riset.

TEU 606 - Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, 3 SKS
Konsep dan terminologi  dalam jaringan  komputer.  Protokol  dalam komunikasi  data. Metode kendali  akses.  Keamanan  jaringan  dan perangkat  lunak untuk mengelola  jaringan.  Model- model  untuk  mengevaluasi  unjuk kerja jaringan.  Kajian  dari sisi analitis,  komputasi  dan teknologi.  Teknologi  internet.

TEU 607- Seminar 1     1 SKS
Kegiatan mandiri berupa presentasi seminar. Mahasiswa mempresentasikan topik penelitian yang akan diambil. Dapat berupa presentasi dengan topik proposal mhs, atau presentasi journal/artikel orang lain yg akan diteliti lanjut. Seminar 1 ini dihadiri oleh dosen pembimbing dan ada penguji. Seminar 1 adalah kelanjutan dan berkaitan erat dengan mata kuliah Metodologi Penelitian. Hasil kuliah Metode Penelitian yang berupa telaah riset (paper terpublikasi) atau proposal mahasiswa yang bersangkutan diseminarkan di sini.

TEU 608 - Seminar 2    1 SKS
Seminar 2 (1 sks) sebagai kelanjutan  seminar 1. Seminar 1 adalah prasyarat untuk mengambil seminar 2 ini. Pada seminar 2 mahasiswa harus mempresentasikan kemajuan risetnya.  Seminar 2 dihadiri oleh dosen pembimbing dan ada penguji.

TEU 609 - Tesis    8 SKS
Tesis adalah karya tulis yang mendokumentasikan hasil penelitian yang mencakup tinjauan analitis, aspek komputasi dan teknologi dari obyek yang diteliti, sesuai dengan tujuan penelitian. Sekalipun tidak sepenuhnya karya asli, unsur kontribusi ilmiah harus nyata.

Di dalam Tesis ini terangkum pula kegiatan,

Ujian Tesis
Ujian tesis adalah ujian penelitian mahasiswa yang tertulis di dalam dokumen Tesis, sebagai syarat kelulusan. Ujian bersifat oral di hadapan Tim Penguji yang terdiri atas Pembimbing Tesis dan dosen lain yang ditunjuk.

Publikasi Penelitian
Publikasi berupa ringkasan tesis S2 atau bagian dari tesis/riset S2 dari mahasiswa yang bersangkutan beserta dosen pembimbingnya. Publikasi penelitian ini harus di-submit ke seminar atau journal yang berskala nasional/internasional sesuai kriteria. Kriteria minimal adalah dipublikasikan di dalam seminar nasional atau journal ter-akreditasi B, atau daftar seminar/journal yang diakui oleh Program Pasca Sarjana Jurusan Teknik Elektro FT UGM. Publikasi Penelitian ini adalah sebagai syarat untuk menempuh Ujian Tesis (ada letter of acceptance dari penyelenggara seminar atau journal).


MATA KULIAH KONSENTRASI

TEK 610 Konversi Energi Listrik, 3 SKS
Pemrosesan  berbagai  energi mentah  ke dalam  bentuk  energi listrik menggunakan  berbagai jenis  pembangkit.  Karakteristik  beban  listrik,  kinerja  pembangkit  dan teknologi  penyaluran energi. Tinjauan  tekno-ekonomi.

TEK 611 Analisis Sistem Tenaga Listrik,  3 SKS
Komponen sistem, representasi sistem, analisis jaringan, analisis aliran daya, stabilitas sistem, perhitungan  gangguan,  sistem proteksi, koordinasi  insulasi, faset operasi sistem.

TEK 612 Optimisasi dalam Sistem Tenaga Listrik, 3 SKS

Azas optimisasi,  syarat perlu dan syarat cukup. Optimisasi  klasik, pemrograman  linear dan nonlinear.  Pemrograman  dinamik,  algoritma  genetik.  Aplikasi  dalam  system  tenaga  listrik, diantaranya  UC, ED, optimal load flow, optimal scheduling, power system planning.

TEK 640  Teknik Pengolahan Digital Isyarat, 3 SKS
Aneka transpormasi diskret. Filter : filter adaptif dan pengolahan isyarat. Rekonstruksi isyarat. Beam forming.  Efek kuantisasi.  Pengolahan  isyarat  secara real time dan multirate.  Aneka aplikasi dalam radar dan sistem komunikasi.

TEK 641  Asas Perancangan Sistem Elektronis, 3 SKS
Analisis  rangkaian  elektronis  (transistor  dan op-amp)  dengan  menggunakan  model  nulor. Perancangan  jaringan  aktif  :  konsep  GIC  (Generalized  Immmitance  Converter)  dan penerapanya  pada  sistem  hambatan  negatif,  induktor  elektronis,  dan  trafo  elektronis. Perancangan  filter aktif dan analisis  kepekaannya.  Pengggunaan  pemrograman  Matlab dan paket Spice untuk pengujian   simulatif dan pemodelan.

TEK 642  Sistem Komunikasi lanjut, 3 SKS
Pendahuluan, gambaran isyarat dalam dimensi waktu dan frekuensi, teknik-teknik modulasi analog, teknik-teknik modulasi digital, multiple akses, komunikasi bidang lebar. Koding kanal dan koding sumber.

TEK 670 Analisis Algoritma dan Struktur Data, 3 SKS
Perancangan  algoritma untuk menyelesaikan  masalah. Metode interatif, devide and conquer, permrogaman  dinamik,  greedy backtracking, branch and bound, dan  lain-lain.  Aspek penggunaan memori dan waktu komputasi. Faktor-faktor internal sistem komputer yang dipakai. Kelas masalah-masalah  yang diketahui belum memiliki algoritma yang efisien. Aneka aplikasi.

TEK 671  Teknik  Komputer Interaktif,  3 SKS
Pentingnya antarmuka antara program dan pemakai (user interface). Model-model untuk artarmuka tersebut. Manipulasi langsung atas obyek di layar. Pelaksanaan dialog dengan pengembangan sistem komputer interaktif. Pemisahan antara antarmuka dan aplikasi, aspek rekayasa. Studi kasus.

TEK 672  Interoperabilitas, 3 SKS
Isu-isu dalam persoalan interoperabilitas. Heterogenitas komponen sistem komputasi. Konsep protokol. Penerapan konsep protokol pada aras perangkat lunak. Interoperabilitas pada aras sistem operasi dan perangkat lunak. Peran middleware dalam penyelesaian persoalan interoperabilitas. Paradigma berorientasi obyek sebagai landasan komputasi terdistribusi. CORBA dan ICE. Teknologi XML dan web service. Tinjauan tentang aplikasi-aplikasi web kontemporer.


MATA KULIAH PILIHAN

TEP 610  Operasi Sistem Tenaga Listrik, 3 SKS
Persoalan-persoalan  operasi, manajemen  operasi, perencanaan  operasi, penjadwalan  operasi dan pemeliharaan,  keandalan  system, unit commitment,  pengaturan  frekuensi,  kendala dan gangguan  operasi, pengamanan  system, pelaksanaan  dan pengendalian  operasi, pengaturan tegangan  dan alokasi  daya reaktif,  sarana  operasi,  SCADA,  analisis  dan evaluasi  operasi. Perangkat lunak baku untuk operasi system tenaga.

TEP 611  Dinamika dan Stabilitas Sistem Tenaga Listrik, 3 SKS

Model Linear  Sistem  : generator, system eksitasi, system governor, resonans subsinkron, fenomena, model matematis, interaksi resonan torsi, analisis stabilitas transien, pengantar (definisi, penyebab ketakstabilan eksitasi, filosofi), model (mesin sinkron, sistem eksitasi, torsi mekanis,  beban),  perbaikan  tanggapan  sistem (pengendalian  eksitasi,  pengendalian  katub turbin, kompensasi  seri, cara lain), program komputer, arah pengembangan  analisis stabilitas sistem,  keandalan  sistem,  analisis  sistem pembangkit,  analisis  jaringan.

TEP 612  Harmonik dalam Sistem Tenaga Listrik, 3   SKS
Pandangan umum dari model dan simulasi harmonik. Teori dan analisis harmonik. Sumber-sumber  dan model harmonik dalam Sistem Tenaga Listrik. Metode analisis harmonik dalam kawasan waktu dan frekuensi. Analisis perambatan harmonik yang tidak seimbang dalam sistem tenaga fasa banyak. Evaluasi batas harmonik mempergunakan standar IEEE 519-1992. Pengujian sistem untuk simulasi dan model harmonik. Metode mengurangi harmonik ditinjau dari sisi konsumen, peralatan, dan perusahaan listrik

TEP 613  Gejala Medan Tinggi,  3   SKS
Mempelajari gejala dan efek medan tinggi meliputi prinsip-prinsip dasar, aplikasi dan permasalahannya dalam bidang Teknik Elektro. Pemahaman muatan, hukum Maxwell, medan elektrostatis dan medan elektromagnetis. Fenomena medan tinggi pada bahan-bahan dielektrik padat, cair, gas dan vakum. Stres dan mekanisme tembus pada berbagai material tersebut, rugi-rugi dielektrik, partial discharge, korona dan penuaan isolasi. Pengujian tegangan tinggi AC, DC dan impuls. Demonstrasi dan observasi gejala medan tinggi di laboratorium. Pengenalan fisika plasma dan medan tinggi di ruang angkasa.

TEP 614 Sistem Isolasi,  3 SKS
Mempelajari tegangan lebih dan perngaruhnya pada bahan isolasi. Jenis bahan isolasi, struktur fisis dan sifat-sifatnya. Ionisasi, kegagalan dan busur api dalam isolasi gas, vakum, zat cair dan zat padat. Aplikasi isolasi pada sistem tenaga listrik dan peralatan tegangan tinggi. Material komposit, pemilihan bahan isolasi, degradasi dan diagnosis bahan isolasi. Berbagai teknik pengujian bahan isolasi dan koordinasi isolasi.

TEP 615  Sistem Proteksi, 3 SKS
Filsafat  dan  tujuan  proteksi.  Komponen  system  proteksi.  Rancangan  dan  konstruksi releproteksi.  Jenis  dan rele-rele  proteksi.  Berbagai  macam  gangguan  dan sifatnya.  Teknik proteksi  arus lebih pada pembangkit,  transformator  daya,  bus-bar tegangan  tinggi, saluran transmisi dan distribusi, dan motor listrik.

TEP 616  Manajemen Energi, 3 SKS
Jenis dan sifat berbagai sumber energi. Konversi energi, balans energi, audit energi dan energi alternatif. Konservasi energi, peningkatan efisiensi peralatan konversi energi. Sistem informasi energi. Kebijakan energi nasional.

TEP 638  Sistem Kendali, 3 SKS

Konsep  umpan  balik  dalam  pengaturan  dan  pengendalian.  Teknik  lintasan  akar  dalam pelaksanaan  pengaturan.  Penanganan  eksplisit  atas  gangguan.  Konsep  vektor  keadaan, keteramatian  dan keterkendalian  dalam  teknik  pengendalian.  Pengendalian  optimal.  Aspek komputasi.

TEP 639  Elektronika Daya,  3 SKS

Komponen   elektronika daya : Thyristor, IGBT, MOSFET daya. Konsep penyearahan terkendali sistem satu fase dan tiga fase dengan beban motor DC. Penggerak motor dengan chopper: satu, dua, tiga dan empat kuadran. Pengendalian motor induksi dengan thyristor. Sistem Inverter dan PWM sebagai pembangkit  catu daya satu fase atau tiga fase. Pengendalian  skalar dan vektor pada motor induksi untuk pengaturan  kecepatan.  Pengubah  DC ke DC. Penggunaan Matlab untuk pengujian simulatif.

TEP 640  Sistem Berbasis Mikrokontroler,  3 SKS
Pengenalan Sistem Berbasisis Mikrokontroler, pin out Mikrokontroler, Buffer & Latch ADC-DAC, Clock Generator, Memory & Interfacing, Pengalamatan, Addressing & Decoding, I/O paralel serial USB, Project Kasus.

TEP 643  Sistem Adaptif,  3 SKS
Konsep  adaptasi,  bidang  untuk  kerja,  entimasi gradien berdasar  pengukuran  dalam lingkungan  derau, algoritma-algoritma  adaptasi. Aplikasi pada pemodelan,  identifikasi  sistem, model  balik  adaptif,  equalisasi,  dekonvolusi,  kendali  adaptif,  penghapusan  interferensi. Adaptive signal processing.

TEP 645  Pengolahan Citra, 3 SKS
Peningkatan  citra. Analisis (penguraian)  citra. Ekstraksi  ciri: transformasi  spatial, penetapan bentuk dan batas obyek. Segmentasi:  sablon, pengembangan  dan tekstur berbasis  wilayah. Konstruksi  citra. Studi kasus.

TEP 646  Sistem Penginderaan Jauh, 3 SKS
Pengantar.  Teknologi  penginderaan  jauh. Permasalahan  data penginderaan  jauh.  Analisis data. Penerapan  sistem penginderaan  jauh.

TEP 647  Sistem Neurofuzi, 3 SKS
Himpunan fuzi. Aturan dan penalaran fuzi. Sistem inferensi. Jaringan neural biologis. Jaringan neural  pembelajaran  yang terbimbing  dan tak terbimbing.  Sistem  inferensi  neurofuzi  yang bersifat adaptif. Kendali neurofuzi.

TEP 649   Teknik Klasifikasi dan Pengenalan Pola, 3 SKS

Pendahuluan: persepsi mesin, model klasifikasi dan pendekatan diskriptif. Supervised learning. Teknik-teknik  nonparametik.  Funsi-fungsi  diskriminasi  linear.  Unsupervised learning dan clustering. Pengenalan  pola. Studi kasus.

TEP 653 Proses Acak, 3 SKS
Peristiwa acak dalam aneka bidang teknik. Model matematis  proses acak, korelasi, estimasi, dan interpretasinya.  Analisis dengan  tapis Wiener  dan Kalman.

TEP 654 Sistem Linear, 3 SKS
Metode analisis aneka sistem linear dalam teknik elektro. Aljabar matriks. Persamaan keadaan sistem dalam kawasan waktu, frekuensi, s dan z, serta aspek komputasinya (dengan MATLAB). Keteramatian  dan keterkendalian.  Sifat kestabilan.  Aneka terapan dalam industri.

TEP 655  Komunikasi Informasi,  3 SKS
Koding dan dekoding  dalam komunikasi.  Kompresi  dan dekompresi  penyim panan  informasi. Azas-azas  kriptografi  menuju  kepada  proses  komunikasi  informasi  yang andal, efektif dan efisien.   Aspek komputasi  dan teknologi  sangat ditekankan.

TEP 670  Sistem Kecerdasan Buatan, 3 SKS
Representasi  pengetahuan.  Jenis pengetahuan:  deklaratif, prosedural dan heuristik. Metode representatisi  pengetahuan  dan dampaknya  dalam  pemecahan  masalah.  Teknik  inferensi dalam representasi  pengetahuan.  Sistem pakar. Pendekatan  heuristik  dan aplikasinya.  Studi kasus.

TEP 675  Arsitektur Komputer, 3 SKS
Ragam komputer menurut dimensi teknologi, karakteristik fungsional, struktur serta organisasi internalnya. Prinsip-prinsip  arsitektural yang melandasi perancangan  aneka komputer dewasa ini. Pengolahan  paralalel:  paralelisme  dalam  pipelined uniprocesor, komputer vector dan multiprosesesor (dan dataflow ).

TEP 673  Sistem Basis Data (lanjut), 3 SKS
Matakuliah ini menitik-beratkan pada konsep perancangan basis data, termasuk didalamnya adalah cara mendefinisikan kebutuhan data, struktur data, peran system operasi dalam mengelola data, model data-internal, model data-logikal, dan administrasi basis data. Secara singkat, mata kuliah ini akan mencakup perancangan phisik maupun logic, serta bagaimana mengimplementasikan perancangan tersebut dalam system basis data.
Tujuan Pembelajaran adalah Memahami peran basis data dalam organisasi dan peran pengembangan basis data dalam SDLC. Mengenalkan konsep pemodelan data dengan model entity-relationship dan model enhanced entity relationship. Memahami proses konversi model data konseptul menjadi model data relasional yang dilakukan pada tahap perancangan basis data secara logical, dan mempelajari langkah-langkah yang perlu dilaksanakan agar perancangan basis data pada tahap perancangan phisikal dapat lebih efisioen. Mengenalkan konsep konektivitas basis data berbasis web. Memahami berbagai isu berkaitan dengan implementasi basis data dalam organisasi baik perusahaan privat maupun public. Memahami lingkungan basis data dan kebutuhan informasinya. Memahami arsitektur sistem manajemen basis data.     Memahami proses dan teknologi pengembangan basis data, mampu menerjemahkan diagram ER menjadi model relasional (perancangan logik)
Setelah menyelesaikan kuliah ini, mahasiswa akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang: Konsep dasar system basis data, Pemanfaatan basis data dalam organisasi, Berbagai tipe basis data dan lingkungan basis data, Berbagai aspek yang terkait dengan analisis dan perancangan basis data, Berbagai aspek yang terkait dengan unjuk-kerja basis data.

TEP 674  Sistem Pendukung Keputusan, 3 SKS
Proses  pengambilan  keputusan  serta dukungan  yang dapat diberikan  oleh komputer.  Model kuantitatif.  Komponen sistem pendukung keputusan.  Rekayasa pengembangan  sistem untuk mendukung  keputusan.  Sistem informasi  untuk  eksekutif.  Penggunaan  sistem pakar. Aspek interface dengan  pemakai.  Aspek-aspek  lainnya.
TEP 677  Rekayasa Perangkat Lunak, 3 SKS
Azas-azas  kerekayasaan.  Berbagai  pendekatan  dalam  proses  rekayasa  perangkat  lunak. Tahap-tahap  analisis,  desain,  implementasi  dan pengujian.  Metode  formal. Metode  berbasis obyek. Berbagai tools dan techniques dalam perancangan  dan implementasi  perangkat lunak. Studi kasus.

TEP 678  Pemrograman Jaringan Komputer, 3   SKS
Pemrograman Jaringan Komputer berbasis socket dan berbasis PC/RMI menggunakan Java dan C di Linux, pemrograman jaringan berbasis Web client side dan server site menggunakan Javascript, Java applet/servlet/JSP, CGI Perl, PHP dan ASP.

TEP 679  Logika,  3 SKS
Logika dalam komputasi  dan kecerdasan  buatan.  Logika proposisi  dan predikatif.  Azas-azas nalar dalam  inferensi.  Representasi  pengetahuan.  Pemrograman  logik.